Thursday, 29 December 2016

PER ASPERA ad ASTRA: ASTRA, PERUSAHAAN BESAR KEBANGGAAN BANGSA

Zia Ul Haq     14:39    

Oleh: Zia Ul Haq

Per Aspera ad Astra adalah motto dari ASTRA Group yang maknanya sangat dalam, yaitu berjuang dan menembus segala tantangan untuk mencapai bintang. Sudah 58 tahun ASTRA berdiri dan ada untuk bangsa Indonesia. Perusahaan besar ini memiliki cita-cita sejahtera bersama bangsa, dimana setiap langkah yang ada di ciptakan dan di maknai dan di filosofikan demi untuk kemajuan bangsa ini.

Sebagai sebuah corporate besar di kawasan Asia, maka ASTRA menjadi sebuah kebanggaan bagi bangsa. Melalui 198 anak perusahaannya yang bergerak di bidang otomotif, keuangan, alat berat, agribisnis, infrastruktur dan logistik serta teknologi informasi ASTRA fokus untuk terus menghasilkan produk dan jasa yang terbaik dan berkualitas untuk negeri ini.

Sudah tidak asing lagi anak-anak perusahaan di Grup Astra memiliki track record yang baik di masyarakat. Contohnya di bidang otomotif ada Toyota dan Honda yang produknya sudah dinikmati oleh masyarakat luas. Kemudian di bidang alat berat ada perusahaan United Tractor serta Pama Persada yang sudah terkenal di bidang pertambangan atau mining.

Pada perjalanannya, ASTRA selalu berusaha untuk mengelola manajemen internal mereka dengan baik sehingga walaupun ada berbagai kendala eksternal, grup perusahaan ini selalu siap menghadapinya. Hal ini dibuktikan dengan setiap segmen usaha atau anak perusahaan yang ada menjadi perusahaan yang besar dan sehat.

Belum lama ini, pada tahun 2015 ASTRA Grup mendapakan penghargaan sebagai Asia Best Company, serta Best Corporate Governance. Pengakuan dari pihak luar ini juga memberikan bukti nyata bahwa ASTRA Grup memang dalam pengelolaannya selalu memberikan terbaik untuk perusahaannya.

Bagi bangsa Indonesia sendiri, kita seharusnya patut berbangga dengan adanya ASTRA Grup ini karena apabila kita lihat jejak perjalanan grup perusahaan ini banyak sekali yang sudah diberikan untuk bangsa ini. Berbagai macam bentuk Corporate Sosial Respons telah diprogramkan, diimplemetasikan dengan baik oleh ASTRA Grup. Implementasi CSR itu meliputi berbagai bidang, semata-mata dilakukan demi mengangkat harkat dan martabat bangsa Indonesia.

Melalui berbagai program CSR yang dilakukan ASTRA, diharapkan perusahaan ini tidak hanya menjadi perusahaan besar saja akan tetapi juga ikut tumbuh dan berkembang bersama negeri ini. Sesuai dengan cita-citanya yaitu sejahtera bersama bangsa. Selain melalui berbagai program CSR, ASTRA Grup melalui berbagai yayasan yang dimilikinya aktif bergerak dan mendukung program-program pemerintah yang ada. Seperti Yayasan Astra Bina Ilmu dimana yayasan ini fokus pada bidang pendidikan dengan cara menghasilkan sumber daya manusia yang terampil memiliki softskill serta hardskill sehingga siap untuk menghadapi dunia kerja terutama di bidang otomotif.

Kemudian ada Yayasan Dharma Bhakti Astra yang berdiri pada tahun 1980. Yayasan ini bergerak dan fokus pada pembinaan Usaha Kecil dan Menengah (UMKM). Pembinaan dan pelatihan yang dilakukan pada nantinya diharapkan agar dapat memberikan sumbangsih bagi usaha tersebut agar lebih besar dan maju. Banyak perusahaan yang besar di Indonesia tetapi tidak banyak perusaaan besar yang mau dan ingin dengan langkah-langkah nyatanya ingin agar usaha kecil dan menegah yang ada di negerinya juga dapat tumbuh dan berkembang bersama.

Kemajuan ASTRA Grup bukanlah suatu hal yang didapatkan secara instan, sebuah perusahaan yang dulu hanya memiliki empat karyawan sampai sekarang mencapai dua ratus ribu lebih karyawan tetap. Butuh komitmen, kerja keras serta integritas yang tinggi. Budaya inilah yang senangtiasa di jaga oleh ASTRA dari dulu, sekarang dan untuk masa depan.

ASTRA Grup memiliki tujuan jangka panjang yaitu sebagai Astra, Pride for Nation pada tahun 2020. Tujuan ini sampai saat ini terus dikejar dengan melakukan berbagai hal.  Pada perkembangan perusahaan sendiri, ASTRA telah mencatatkan berbagai kemajuan yang besar diantaranya laba yang di atribusikan pada entitas induk tercatat sebesar Rp. 14,464 miliar. Total asset yang dimiliki tercatat sebesar Rp. 245,435 miliar, kemudian pendapatan bersih tercatat sebesar Rp. 184,196 miliar. Jumlah anak perusahaan yang berada di bawah naungan ASTRA Grup sampai saat ini tercatat 198 buah anak perusahaan. Untuk laba bersih per saham ASTRA Grup tercatat Rp. 357, Dividen per saham Rp. 177, dan untuk Kapitalisasi Pasar tercatat sebesar Rp. 242, 9 miliar.

ASTRA Grup juga telah melakukan banyak hal yang melibatkan banyak orang dalam kegiatan berkemajuannya untuk bangsa ini. Tercatat ASTRA Grup memiliki karyawan tetap sebesar 221,046. Jumlah pelatihan Management Development Institute oleh ASTRA yang telah dilakukan sebanyak 55 kali training atau pelatihan, dimana pelatihan tersebut melibatkan sebanyak 1,746 orang peserta. Untuk jenis pelatihan lingkungan kesehatan dan keselamatan kerja & tanggung jawab sosial, ASTRA Grup telah melakukan pelatihan sebanyak 31 pelatihan atau training, dengan jumlah peserta 463 orang. Kemudian proyek inovasi yang telah dilakukan sebanyak 743,819 proyek.

Kontribusi ASTRA Grup pada lingkungan, kesehatan dan keselamatan juga memiliki jejak rekam yang baik dan semakin baik. Pada penurunan intensitas oli ASTRA Grup tercatat telah mengalami penurunan sebanyak 63%, kemudian penurunan pada intensitas air juga ercaat sebanyak 14%, dan 25% penurunan pada intensitas pengunaan energi. Penurunan intensitas emisi gas rumah kaca tercatat sebesar 22%, dan 59% penurunan tercatat untuk intensitas pengunaan limbah cair B3.  Untuk limbah cair non-B3 tercatat penurunan intensitas sebanyak 47%, dan 26% penurunan pada intensitas limbah padat B3. Terakhir, untuk limbah intensitas limbah padat non-B3 tercatat penurunan sebesar 8%.

Pada bidang pendidikan tercatat sudah berbagai program yang rutin dilaksanakan seperti Sekolah Binaan Astra (Hardware, Brainware, Software) tercatat sudah ada 14,978 sekolah binaan, kemudian ada juga program Guru Binaan dimana sampai saat ini tercatat sebanyak 33,220 orang. Siswa binaan tercatat sebanyak 38,996 orang. Untuk program beasiswa tercatat sudah ada 207,201 orang yang telah menerimanya. Program Paparan Indonesia Ayo Aman Berlalu Lintas tercatat sudah ada 24,060,160 orang, dan masih banyak lagi program di bidang Pendidikan yang telah dilakukan oleh ASTRA Grup. Paparan diatas hanyalah sedikit dari banyak program yang telah dilakukan.

Pada bidang lingkungan, ASTRA Grup juga aktif melakukan banyak program diantaranya adalah program penanaman pohon dimana telah tercatat sebanyak 3,567,237 batang pohon telah ditanam. Khusus untuk pohon Mangrove juga telah dilakukan penanaman sebanyak 832,046 batang pohon Mangrove. ASTRA Grup juga telah membuah program Hutan Kota sebanyak 11 buah dan 10 buah untuk program Taman Kota. Ini adalah sedikit contoh program ASTRA  Grup di bidang lingkungan, masih banyak program lain di bidang ini.

Pada program Income Generate Activity, ASTRA Grup juga telah bergerak untuk melakukan banyak kegiatan. Seperti penyerapan tenaga kerja sebanyak 61,385 orang, kemudian masyarakat penerima program tercatat sudah sebanyak 33,602 orang. Program pembinaan UMKM YDBA sebanyak 9,182. Jumlah pemuda putus sekolah yang dibina dengan training mekanik sebanyak 588 orang. Dan jumlah lembaga keuangan mikro yang telah didirikan sebanyak 10 buah lembaga. Serta masih banyak lagi program yang ada.

Kesehatan merupakan satu hal mutlak yang tidak bisa dipisahkan dalam kehidupan manusia, ASTRA Grup juga menyadari hal ini. Oleh karena itu, di buatlah program kesehatan seperti pengobatan gratis sebanyak 116,093 orang. Pembinaan posyandu sebanyak 1,547 serta donasi kacamata sebanyak 9,048 buah kacamata.  Kantong darah sebanyak 174,489 juga sudah berhasil dikumpulkan dan diberikan oleh ASTRA Grup kepada orang-orang yang membutuhkan.

Paparan banyaknya kegiatan yang sudah dilakukan oleh ASTRA Grup membuat kita semakin sadar, betapa berharganya perusahaan ini untuk kemajuan negeri ini. Akhir kata, semoga ASTRA Grup dan Indonesia dapat maju bersama dan sejahtera bersama. Per Aspera ad Astra.

0 comments :

© 2011-2014 Informasi Pendidikan Kita. Designed by Bloggertheme9. Powered by Blogger.