Thursday, 31 March 2016

Ini Dia 21 Poin Tentang Beasiswa LPDP yang Harus Kamu Tahu

Zia Ul Haq     18:46    

MADAARIS - Berikut ini ringkasan sosialisasi Beasiswa LPDP di Universitas Muhammadiyah Surabaya, 28 Maret 2016 yang disampaikan oleh Direktur Utama LPDP, Eko Prasetyo.
Sosialisasi Beasiswa LPDP di Universitas Muhammadiyyah Surabaya (twitter @LPDP_RI)
1. Dana yang dikelola LPDP berjumlah 15,6 triliun, dan ada tambahan 5 triliun untuk tahun 2016 sehingga keseluruhan menjadi 20,6 triliun.

2. Hal yang belum banyak diketahui orang, bahwa LPDP bukan hanya mengelola dana untuk beasiswa, namun juga mengelola dana untuk investasi, dana bantuan riset, dan reward.

3. Khusus untuk beasiswa LPDP, pendaftaran dibuka sepanjang tahun dengan periode seleksi tiap bulan Februari, Mei, Agustus, November.

4. Kuota tiap tahun 5000 orang (total beasiswa dalam negeri dan luar negeri).

5. Seleksi Beasiswa LPDP berupa seleksi administratif dan substantif.

6. Seleksi administratif di antaranya: maksimal usia pendaftar untuk S2 adalah 35 tahun, untuk S3 40 tahun. Ada wacana untuk ditambahkan batas atas umurnya untuk lebih memberi kesempatan angkatan “tua” yang masih semangat kuliah agar mendapat beasiswa, mengingat masa pensiun PNS dan Guru Besar menurut aturan terbaru juga mundur, yakni 58 tahun untuk PNS dan 78 tahun untuk Guru Besar.

7. Seleksi administratif lagi di antaranya: harus punya Unconditional LOA atau jika tidak punya bisa diganti syarat: IPK 3,00 untuk pelamar S2 dan 3,25 untuk pelamar S3, serta Toefl ITP 500/ iBT 61/ IELTS 6,0 (dalam negeri), ITP 550/iBT 79/IELTS 6,5 (luar negeri).

8. Seleksi substantif, terbagi 3 yakni; interview, group discussion, dan menulis esai.

9. Interview dilakukan dalam bahasa Inggris jika pelamar ingin ke luar negeri, atau bahasa Indonesia jika di dalam negeri. Hal-hal yang dinilai mencakup aspek moral, intelektual, nationality, social awarness, strong personality. Perhatikan! Mahasiswa tipe KUPU-KUPU (Kuliah-Pulang-Kuliah-Pulang) tidak masuk tipe ideal yang diinginkan LPDP.

10. Tentang Group Discussion, aspek yang dinilai yakni kemampuan komunikasi verbal. Dalam bahasa Inggris jika ingin ke luar negeri dan bahasa Indonesia jika tujuannya kampus dalam negeri; 1 grup 8-10 orang, membahas tema-tema tertentu yang up to date terkait kondisi bangsa.

11. Tentang esai, aspek yang dinilai ialah kemampuan komunikasi secara tertulis, dalam bahasa Inggris untuk luar negeri atau bahasa Indonesia untuk dalam negeri. Temanya sama dengan group discussion, yakni tentang kondisi terkini bangsa.

12. Bidang keilmuan prioritas terbagi 3:
a. Prioritas 1 (passing grade 70): teknik, sains, pertanian, kesehatan, hukum dan pendidikan.
b. Prioritas 2 (passing grade 75): accounting/finance, ekonomi, agama.
c. Prioritas 3 (passing grade 80): social, culture/linguistik, dan lain-lain.

13. Jika diterima beasiswa LPDP, sebelum berangkat akan ada pembekalan terkait kiat-kiat survive di kampus tujuan kelak (dalam atau luar negeri).

14. Beasiswa LPDP mencakup keseluruhan biaya (full scholarship) selama studi, termasuk tunjangan keluarga (maksimal 2 orang anggota keluarga).

15. Jika berhasil diterima di top 20 universitas dunia, akan ada insentif sebesar 50 juta (master) dan 100 juta (Ph.D) selain beasiswa LPDP.

16. Beasiswa untuk membiayai 1 orang master di luar negeri sampai lulus sekitar 1 milyar rupiah.

17. Alumni LPDP sekembalinya dari masa studi harus membayar "hutang" ke negara/rakyat dengan berkontribusi lewat program-program alumni LPDP.

18. LPDP juga mengalokasikan beasiswa afirmasi (dengan kondisi khusus) yang besarnya 30% dari kuota, yakni untuk kondisi sbb:
a. Daerah 3T (terluar, tertinggal, terdepan), atau daerah-daerah “minus”.
b. Untuk ekonomi lemah namun secara intelektual kuat.
c. Penerima beasiswa lain namun di bawah kelayakan (misal cuma bebas SPP dan lain-lain), bisa mengajukan beasiswa ke LPDP.

19. LPDP juga menyediakan dana bantuan untuk thesis dan disertasi, tips saat interview: kuasai thesis/disertasi kita, manfaat thesis/disertasi kita apa buat bangsa, dan RAB (rencana anggaran biaya) yang akuntabel.

20. LPDP juga menyediakan dana riset, tiap pengusul minimal 3 orang dengan ketua pengusul harus bergelar Ph.D.

21. LPDP juga memberi reward jika kita punya publikasi jurnal internasional terindeks scopus cukup dengan Impact Factor 0,1 senilai 50 juta rupiah per jurnal.

Sekian. Silakan Sebarkan!

*Sumber: Grup Watsapp Mata Garuda

0 comments :

© 2011-2014 Informasi Pendidikan Kita. Designed by Bloggertheme9. Powered by Blogger.