Wednesday, 16 March 2016

Guru Terbaik 2016 Itu Dari Palestina

Zia Ul Haq     17:29    

MADAARIS – Seorang guru asal Palestina, Hanan al-Hroub dinobatkan sebagai guru terbaik oleh Global Teacher’s Prize 2016 yang diumumkan pada Minggu (13/03) lalu di Dubai. Pengumuman pemenang penghargaan itu diucapkan oleh Paus Fransiskus melalui siaran video. Sedangkan hadiahnya diserahkan langsung oleh Syech Mohammed bin Rasyid al-Maktoum, pemilik Varkey Foundation yang merupakan sponsor penghargaan ini.
Hanan Al-Hroub, Guru Terbaik 2016
Hanan terpilih atas dedikasinya dalam pendidikan anak-anak di Palestina. Ia hidup di kamp pengungsi warga Palestina di Bethlehem. Kekerasan dan peperangan adalah hal sehar-hari yang ia lihat dan dilalui oleh anak-anak usia sekolah di sana. Maka pengalaman traumatis kerap dialami anak-anak tersebut, termasuk anak kandungnya sendiri.

Inilah yang membuat Hanan terjun ke lapangan, membantu anak-anak Palestina untuk mengatasi pengalaman traumatis mereka. Ia mengajar di Samiha Khalil School. Metode belajar yang ia kembangkan pada intinya adalah menjalin hubungan saling percaya, saling menghormati dan jujur penuh kasih sayang serta pentingnya keaksaraan. Ia menyediakan ruang yang sama di kelas, memperhatikan kebutuhan individu serta memberikan pendampingan khusus bagi murid yang mengalami trauma kekerasan.

“Tiap hari kami melihat penderitaan di mata para siswa dan masyarakat sebab agresi Israel. Maka kami sebagai guru berupaya keras untuk membebaskan pikiran anak-anak dari berbagai gambaran kekerasan, mengubahnya menjadi dialog dan keindahan. Kami ingin anak-anak kami hidup dalam kebebasan dan kedamaian, sebagaimana anak-anak seusia mereka di berbagai belahan dunia,” ungkap Hanan dalam pidatonya malam itu.
Hanan Al-Hroub dan Syech Al-Maktoum dalam malam penghargaan.
Menurut Rami Hamdalah, perdana menteri Palestina, Hanan telah menanam harapan yang sangat jelas, membuat perubahan yang nyata dengan menjaga pikiran anak-anak Palestina, hampir sesuatu yang tidak mungkin dilakukan di tengah serangan-serangan fisik dan psikologis yang diluncurkan Israel.
Hanan Al-Hroub dan anak-anak
The Global Teacher Prize memberikan hadiah senilai 1 juta dollar bagi guru yang dipandang melakukan kontribusi luar biasa bagi profesinya. Penghargaan ini menekankan pentingnya peran guru dan kontribusi tersebut harus diakui dan dihargai. Penghargaan ini memberikan apresiasi bagi guru yang tidak hanya hadir untuk siswa tetapi juga untuk masyarakat di sekitar mereka. Tahun ini, ada 10 kandidat guru terbaik, dan Hanan berhasil menjadi yang terbaik di antara yang terbaik. [Zi]

*Sumber: Ma’an News Agency

0 comments :

© 2011-2014 Informasi Pendidikan Kita. Designed by Bloggertheme9. Powered by Blogger.