Thursday, 7 January 2016

Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI)

Zia Ul Haq     07:42    

MADAARIS – Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia - Curug (STPI Curug) merupakan salah satu perguruan tinggi kedinasan yang berada di bawah Kementerian Perhubungan Indonesia. STPI Curug terletak di Kecamatan Curug, Tangerang, Provinsi Banten. STPI Curug memiliki tugas dan fungsi mendidik putra-putri terbaik bangsa Indonesia untuk menjadi sumber daya manusia yang ahli dan terampil di bidang penerbangan, yang diakui secara nasional maupun internasional.
Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI)
SEJARAH

Didirikan di Jakarta, tepatnya di daerah Gempol-Kemayoran pada tahun 1952, institusi pendidikan ini semula diberi nama Akademi Penerbangan Indonesia (API). Pada tahun 1954 API dipindahkan dari Jakarta ke kampusnya yang baru, di wilayah kecamatan Legok, Tangerang (lebih dikenal oleh masyarakat penerbangan dengan kampus Curug).

Pada tahun 1969, Akademi Penerbangan Indonesia (API) berubah nama menjadi Lembaga Perhubungan Udara (LPPU). Pada tahun 1978, lembaga pendidikan ini berubah nama menjadi Pendidikan dan Latihan Penerbangan (PLP) yang merupakan Unit Pelaksana Teknis dari Badan Diklat Perhubungan.

Pada tahun 2000 PLP berubah nama menjadi Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI), hingga saat ini. Keberadaan STPI didasari oleh Keputusan Presiden RI dan Menteri Perhubungan sebagai berikut : Keputusan Presiden RI nomor 43 tahun 2000 tanggal 10 Maret 2000 tentang Sekolah TInggi Penerbangan Indonesia. Keputusan Menteri Perhubungan nomor 64 tahun 2000 tanggal 21 Agustus 2000 tentang Organisaisi dan tata kerja Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia. Keputusan Menteri Perhubungan nomor SK. 29/DL.003/Diklat-2001 tanggal 29 Januari 2001 tentang Statuta Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia.

Tahun 1954, API pindah ke Curug Tangerang. Tahun 1969, API berubah nama menjadi Lembaga Pendidikan Perhubungan Udara (LPPU) di bawah Direktorat Jenderal Perhubungan Udara. Tahun 1978, LPPU (Lembaga Pendidikan Perhubungan Udara) berubah menjadi Pendidikan dan Latihan Penerbangan (PLP) di bawah Badan Pendidikan dan Pelatihan Perhubungan. Tahun 2000, Tepatnya tanggal 10 Maret 2000, PLP berubah menjadi Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia disingkat STPI.

STUDI


Curug memiliki 4 (empat) jurusan pendidikan, yaitu Jurusan Penerbang, Jurusan Teknik Penerbangan, Jurusan Keselamatan Penerbangan dan Jurusan Manajemen Penerbangan. Setiap jurusan pendidikan terbagi dalam beberapa program studi sesuai dengan minat dan bakat peserta pendidikan dan pelatihan.

Jurusan Penerbang


Mendidik dan melatih taruna menjadi penerbang berkualifikasi Commercial Pilot License (CPL), Multi Engine (ME) dan Instrument Rating (IR). Terdiri dari 3 program studi: Prodi Penerbang Sayap Tetap, Prodi Penerbang Sayap Putar, Prodi Flight Operation Officer.

Jurusan Teknik Penerbangan


Mendidik dan melatih calon teknisi pesawat udara, telekomunikasi dan navigasi udara, listrik dan mekanikal bandar udara, serta teknisi bangunan dan landasan. Ada 5 program studi: Prodi Teknik Pesawat Udara, Prodi Teknik Telekomunikasi dan Navigasi Udara, Prodi Teknik Listrik Bandar Udara, Prodi Teknik Mekanikal Bandar Udara, dan Prodi Teknik Bangunan dan Landasan.

Jurusan Keselamatan Penerbangan


Menyelenggarakan diklat dengan tujuan peserta didik mempunyai keterampilan dan pengetahuan di bidang keselamaan penerbangan. Ada 4 program studi, yaitu; Prodi Pemanduan Lalu Lintas Udara, Prodi Penerangan Aeronautika, Prodi Komunikasi Penerbangan, Prodi Pertolongan Kecelakaan Penerbangan.

Jurusan Manajemen Penerbangan


Menyelenggarakan diklat di bidang operasi dan administrasi penerbangan. Ada 3 program studi: Prodi Operasi Bandar Udara, Prodi Administrasi Perhubungan Udara, Prodi Manajemen Transportasi Udara.

Kurikulum dan silabus pendidikan dan pelatihan yang dilaksanakan oleh STPI Curug mangacu pada standar nasional Departemen Pendidikan Nasional RI) dan internasional (International Civil Aviation Organization = ICAO), sehingga diharapkan setiap lulusan STPI Curug mampu untuk bersaing baik di dalam negeri maupun di luar negeri.

Pola pendidikan dan pelatihan bagi setiap peserta didik, mengacu pada pola pendidikan akademis, fisik, mental dan kedisiplinan. Karena itu setiap peserta didik diwajibkan tinggal di asrama selama diklat berlangsung dengan pengawasan para pembimbing.

AKSES


Alamat: Jl. Raya PLP Curug, Kec. Tangerang, Banten, Indonesia
Telepon:+62 21 5982204
Laman resmi: www.stpicurug.ac.id

Demikian sekelumit tentang Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia - Curug (STPI Curug), salah satu perguruan tinggi kedinasan yang ada di Indonesia. Informasi lebih lanjut mengenai perkuliahan dan pendaftaran, bisa rujuk langsung ke laman resminya. [Madaaris]

*Sumber ulasan: Wikipedia dan www.stpicurug.ac.id

0 comments :

© 2011-2014 Informasi Pendidikan Kita. Designed by Bloggertheme9. Powered by Blogger.