Thursday, 7 January 2016

Sekolah Tinggi Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (STMKG)

Zia Ul Haq     07:39    

MADAARIS – Sekolah Tinggi Meteorologi dan Geofisika (STMKG) menjadi sekolah tinggi yang mampu menghasilkan sumber daya manusia yang memiliki kompetensi dan berwawasan global di bidang meteorologi, klimatologi, geofisika dan instrumentasi meteorologi, klimatologi dan geofisika.
Sekolah Tinggi Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (STMKG)
SEJARAH
STMKG didirikan di Bandung pada tahun 1955 dengan nama Akademi Meteorologi dan Geofisika (AMG), kampusnya berada di Institut Teknologi Bandung (ITB). Pada tahun 1960, AMG dipindahkan ke Jakarta, kampusnya berada di Kantor Lembaga Meteorologi dan Geofisika (LMG) Jl. Arief Rakhman Hakim No. 3 Jakarta Pusat. Tahun 1960 – 1978 AMG dibawah Pusat Meteorologi dan Geofisika.

Pada tahun 1978, AMG berubah nama menjadi Balai Pendidikan dan Latihan Meteorologi dan Geofisika (BPLMG) dengan status berada di bawah Badan Diklat Departemen Perhubungan (KM. 55/OT/PHB-1978 31 Maret 1978).

Sejak tahun 2000, BPLMG berubah kembali menjadi AMG di bawah Badan Diklat Departemen Perhubungan (SK. Menhub No. KM 82 Thn 1999 Tgl 13-10-1999), dan kampusnya pindah dan berlokasi di Jl. Perhubungan I No.5, Komplek Meteo DEPHUB, Pondok Betung, Bintaro. Dan sampai tahun 2004 AMG tetap dibawah Badan Diklat dengan SK Menhub No. 72 Thn 2002 Tgl 2-10-2002.

Terhitung mulai 1 Januari 2005 AMG berada dibawah Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) sebagai Lembaga Pemerintah Non Departemen (LPND), berdasarkan SK KBMG No. 003 Tahun 2004. Tahun 2014 menjadi tahun yang bersejarah bagi keluarga besar STMKG, karena di tahun ini telah diundangkan Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 35 Tahun 2014 tertanggal 23 April 2014 tentang perubahan Akademi Meteorologi dan Geofisika (AMG) menjadi Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (STMKG) yang berada dibawah Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

STUDI


Ada empat program studi di Sekolah Tinggi Meteorologi dan Geofisika, yakni Meteorologi, Klimatologi, Geofisika, dan Instrumentasi.

Meteorologi


Program studi ini bervisi agar terwujudnya peserta didik sebagai sumber daya manusia di bidang meteorologi yang handal berdaya saing dan memberikan nilai tambah melalui pendidikan dan pelatihan.

Misinya, menyiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat meteorologi yang memiliki kemampuan professional dibidang Meteorologi. Menyebarluaskan ilmu pengetahuan di bidang Meteorologi, serta mengupayakan penerapan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan memperkaya kebudayaan nasional. Melaksanakan penelitian yang bertujuan untuk mengembangkan penerapan ilmu pengetahuan dalam bidang Meteorologi.

Setelah 1 (satu) tahun mengikuti pendidikan, Taruna STMKG memiliki kompetensi sesuai dengan jurusannya, yaitu : Mampu melakukan kegiatan pengamatan/observasi meteorologi permukaan, meteorologi penerbangan, meteorologi maritim dan meteorologi udara atas.

Setelah menyelesaikan pendidikan selama 4 (empat) tahun, Taruna STMKG memiliki kompetensi sesuai dengan jurusannya, yaitu : Mampu melakukan kegiatan analisa/prakiraan meteorologi penerbangan, meteorologi maritim dan meteorologi untuk pelayanan umum.

Fasilitas yang ada di Jurusan Meteorologi  antara lain; Laboratorium Pengamatan Synoptik,  Instrumen Pengamatan Cuaca (Sangkar Meteo, Hillman, Barometer Air Raksa, Anemometer, Panci Penguapan, Sunshine Recorder), Laboratorium Analisa dan Prakiraaan Cuaca (Synergi, CMSS, Client Satelit, Server Web Meteorologi, Server Komputasi Kebumian).

Klimatologi


Visi jurusan ini adalah terwujudnya peserta didik sebagai sumber daya manusia di bidang Klimatologi  yang handal, berdaya saing dan memberikan nilai tambah melalui pendidikan dan pelatihan.

Misinya, menyiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat klimatologi yang memiliki kemampuan  profesional dibidang Klimatologi. Menyebarluaskan ilmu pengetahuan di bidang Klimatologi serta mengupayakan penerapan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan memperkaya kebudayaan nasional. Melaksanakan penelitian yang bertujuan untuk mengembangkan penerapan ilmu pengetahuan dalam bidang Klimatologi.

Setelah 1 (satu) tahun mengikuti pendidikan, Taruna STMKG memiliki kompetensi sesuai dengan jurusannya, yaitu : Mampu melaksanakan pengamatan dan pengumpulan data iklim dan kualitas udara.

Setelah menyelesaikan pendidikan selama 4 (empat) tahun, Taruna STMKG memiliki kompetensi sesuai dengan jurusannya, yaitu : Mampu melaksanakan kegiatan analisa dan pengolahan data serta pelayanan jasa iklim dan kualitas udara.

Geofisika


Memiliki visi agar terwujudnya peserta didik sebagai sumber daya manusia di bidang Geofisika yang handal berdaya saing dan memberikan nilai tambah melalui pendidikan dan pelatihan.

Misinya, menyiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat meteorologi yang memiliki kemampuan professional dibidang Geofisika. Menyebarluaskan ilmu pengetahuan di bidang Geofisika, serta mengupayakan penerapan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan memperkaya kebudayaan nasional. Melaksanakan penelitian yang bertujuan untuk mengembangkan penerapan ilmu pengetahuan dalam bidang Geofisika.

Setelah 1 (satu) tahun mengikuti pendidikan, Taruna STMKG memiliki kompetensi sesuai dengan jurusannya, yaitu : Mampu melakukan pengamatan unsur-unsur geofisika.

Setelah menyelesaikan pendidikan selama 4 (empat) tahun, Taruna STMKG memiliki kompetensi sesuai dengan jurusannya, yaitu : Mampu melakukan pengolahan dan analisa Geofisika. Fasilitas Jurusan Geofisika anara lain; TDS, SEISCOMP 3, KOMPAS GEOLOGI, dan GPS.

Instrumentasi


Visi : Terwujudnya peserta didik sebagai sumber daya manusia di bidang teknik meteorologi dan geofisika yang handal, berdaya saing dan memberikan nilai tambah melalui pendidikan dan pelatihan.

Misi: Menyiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat teknik meteorologi dan geofisika yang memiliki kemampuan  professional dibidang Teknik Meteorologi dan Geofisika. Menyebarluaskan ilmu pengetahuan di bidang Teknik Meteorologi dan Geofisika serta mengupayakan penerapan untuk mrningkatkan kesejahteraan masyarakat dan memperkaya kebudayaan nasional. Melaksanakan penelitian yang bertujuan untuk mengembangkan penerapan ilmu pengetahuan dalam bidang Teknik Meteorologi dan Geofisika.

Setelah 1 (satu) tahun mengikuti pendidikan, Taruna STMKG memiliki kompetensi sesuai dengan jurusannya, yaitu : Mampu melakukan instalasi perbaikan secara terbatas meteorologi, klimatologi, kualitas udara dan geofisika, komunikasi dan komputer.

Setelah menyelesaikan pendidikan selama 4 (empat) tahun, Taruna STMKG memiliki kompetensi sesuai dengan jurusannya, yaitu: Mampu melakukan instalasi perbaikan, kalibrasi dan pemeliharaan,peralatan meteorologi, kualitas udara dan geofisika, komunikasi dan komputer.

AKSES

Alamat: Jl. Perhubungan I No.5, Komplek Meteo DEPHUB, Pondok Betung, Bintaro, Tangerang, Indonesia.
Telepon: +62 21 736-91-622
Surel: admin@stmkg.ac.id
Laman resmi: www.stmkg.ac.id

Demikian sekelumit tentang Sekolah Tinggi Meteorologi dan Geofisika (STMKG), salah satu perguruan tinggi kedinasan yang ada di Indonesia. Informasi lebih lanjut mengenai perkuliahan dan pendaftaran, bisa rujuk langsung ke laman resminya. [Madaaris]

*Sumber ulasan: www.stmkg.ac.id

0 comments :

© 2011-2014 Informasi Pendidikan Kita. Designed by Bloggertheme9. Powered by Blogger.