Thursday, 7 January 2016

Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN)

Zia Ul Haq     07:33    

MADAARIS – Politeknik Keuangan Negara STAN (PKN-STAN) adalah pendidikan tinggi kedinasan di bawah Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan, Kementerian Keuangan Republik Indonesia, yang menyelenggarakan pendidikan Program Diploma Bidang Keuangan (Prodip Keuangan).
Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN)
SEJARAH
STAN didirikan dengan dasar hukum Keputusan Presiden RI No.45 Tahun 1974 juncto Keputusan Presiden RI No.12 Tahun 1967 serta dengan landasan hukum Peraturan Menteri Keuangan RI No.1/PMK/1977 tanggal 18 Februari 1977.

Selama pendidikan, mahasiswa tidak dipungut biaya pendidikan dan tidak diasramakan. Pendidikan PKN-STAN memakai sistem ikatan dinas sebagaimana ditegaskan kembali dalam Keputusan Menteri Keuangan RI No.289/KMK.014/2004 tanggal 14 Juni 2004 tentang Ketentuan Ikatan Dinas bagi Mahasiswa Program Diploma Bidang Keuangan di Lingkungan Departemen Keuangan RI.

Lulusan PKN-STAN akan diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan ditempatkan di instansi-instansi dalam lingkungan Kementerian Keuangan RI dan instansi-instansi pemerintah lainnya, baik di pusat maupun di daerah, sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Mahasiswa dinyatakan lulus apabila tiap semester telah menyelesaikan seluruh SKS yang dipersyaratkan. Serta tidak memperoleh nilai D pada MKU (Mata Kuliah Umum) dan MKK (Mata Kuliah Keahlian), lebih dari 2 nilai D pada MKDK (Mata Kuliah Dasar Keahlian), atau nilai E pada semua mata kuliah. Dan memperoleh IP minimal 2,40 pada akhir Semester Ganjil dan 2,75 pada akhir Semester Genap.

Mahasiswa yang tidak memenuhi ketentuan tersebut di atas akan dikeluarkan (Drop Out) dari pendidikan. Penentuan kelulusan ini diatur dalam Keputusan Kepala Badan Diklat Keuangan No.KEP-207/BP/2000 tanggal 28 Agustus 2000 tentang Ketentuan-ketentuan Pengelolaan / Penyelenggaraan Pendidikan Program Diploma Bidang Keuangan di Lingkungan Departemen Keuangan.

Selain itu setiap Mahasiswa PKN-STAN terikat dengan peraturan disiplin sebagaimana ditentukan dalam Peraturan Pemerintah Nomor 30 Tahun 1980 tentang Peraturan Disiplin Pegawai Negeri Sipil dan Keputusan Kepala Badan Diklat Keuangan No.KEP-208/BP/2000 tanggal 28 Agustus 2000 tentang Peraturan Disiplin Mahasiswa Pendidikan Program Diploma Bidang Keuangan di Lingkungan Departemen Keuangan.

Lulusan Program Diploma Keuangan PKN-STAN akan diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkungan Kementerian Keuangan atau instansi pemerintah lainnya baik di pusat maupun di daerah sesuai dengan formasi yang tersedia pada tahun yang bersangkutan berdasarkan peraturan kepegawaian yang berlaku.

STUDI
Program studi yang diselenggarakan oleh PKN-STAN untuk lulusan SMU, Madrasah Aliyah dan SMK adalah pendidikan Program Diploma I dan III Keuangan dengan spesialisasi sebagai berikut :
1.    Prodip I / III Keuangan Spesialisasi Kepabeanan dan Cukai
2.    Prodip I / III Keuangan Spesialisasi Kebendaharan Negara
3.    Prodip I / III Keuangan Spesialisasi Pajak
4.    Prodip III Keuangan Spesialisasi Pengurusan Piutang dan Lelang Negara
5.    Prodip III Keuangan Spesialisasi Penilai
6.    Prodip III Keuangan Spesialisasi Akuntansi

Sedangkan program studi non-reguler yang diselenggarakan oleh PKN-STAN adalah :
1.    Prodip IV Keuangan Spesialisasi Akuntansi
2.    Prodip III Keuangan Spesialisasi Akuntansi dengan Kurikulum Khusus (Ajun Akuntan Khusus)
3.    Prodip III Keuangan Spesialisasi Pajak dengan Kurikulum Khusus
4.    Program Pendidikan Pembantu Akuntan (PA)

Waktu studi pendidikan Prodip III Keuangan adalah 6 semester yang harus diselesaikan dalam waktu 3 tahun. Beban studinya adalah 110 s.d. 120 SKS.Prodip I Keuangan adalah 2 semester yang harus diselesaikan dalam waktu 1 tahun. Beban studinya adalah 40 s.d. 50 SKS.Untuk Prodip I Keuangan ini bertempat di Kampus PKN-STAN Jakarta dan di Balai Diklat Keuangan yang terdapat di 8 daerah, yaitu di Medan, Palembang, Yogyakarta, Malang, Balikpapan, Makassar, Cimahi dan Manado. Untuk Prodip III Keuangan lama pendidikannya 3 tahun (6 semester), bertempat hanya di Kampus PKN-STAN Jakarta.

Penempatan
Pendidikan STAN memakai sistem ikatan dinas sebagaimana ditegaskan kembali dalam Keputusan Menteri Keuangan RI No.289/KMK.014/2004 tanggal 14 Juni 2004 tentang Ketentuan Ikatan Dinas bagi Mahasiswa Program Diploma Bidang Keuangan di Lingkungan Departemen Keuangan RI. Lulusannya wajib kerja selama tiga kali masa pendidikan ditambah satu tahun. Lulusan STAN akan diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan ditempatkan di instansi-instansi dalam lingkungan Kementerian Keuangan dan instansi-instansi pemerintah lainnya, baik di pusat maupun di daerah, sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Setelah lulus pendidikan dan ditempatkan di instansi-instansi tersebut akan diproses pengangkatan menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dengan golongan II.a untuk lulusan Prodip I Keuangan dan golongan II.c untuk lulusan Prodip III Keuangan. Setelah bekerja dan mengikuti Diklat Pra Jabatan Tingkat II akan diproses pengangkatan menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) dengan pangkat Pengatur Muda / golongan II.a untuk lulusan Prodip I Keuangan dan pangkat Pengatur / golongan II.c untuk lulusan Prodip III Keuangan.

1.    Akuntansi: Sekretariat Jenderal (Setjen) Kemenkeu RI, Direktorat Jenderal Anggaran (DJA), Direktorat Jenderal Pajak (DJP), Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC), Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb), Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN), Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan (DJPK), Direktorat Jenderal Pengelolaan Utang (DJPU), Inspektorat Jenderal (Itjen) Kemenkeu RI, Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (Bapepam-LK), Badan Kebijaksanaan Fiskal (BKF), Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan (BPPK), Staf Ahli Bidang Hubungan Ekonomi Keuangan Internasional, Staf Ahli Bidang Penerimaan Negara, Staf Ahli Bidang Pengeluaran Negara, Staf Ahli Bidang Pengembangan Pasar Modal, Staf Ahli Bidang Pembinaan Umum Pengelolaan Kekayaan Negara, Pusat Sistem Informasi dan Teknologi Keuangan (Pusintek), Pusat Pembinaan Akuntan dan Jasa Penilai (PPAJP), Pusat Analisis dan Harmonisasi Kebijakan (Pushaka)
2.    Pajak: Kantor Pusat DJP, Kantor Wilayah DJP, Kantor Pelayanan Pajak (KPP), Kantor Pelayanan PBB (KPPBB), Kantor Pemeriksaan dan Penyidikan Pajak (Karikpa), Kantor Pelayanan, Penyuluhan dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP)
3.    Penilai: Kantor Pusat DJP - Direktorat Ekstensifikasi dan Penilaian, Kantor Wilayah DJP - Bid, Ekstensifikasi dan Penilaian, Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama, Kantor Pelayanan PBB (KPPBB)
4.    Kepabeanan dan Cukai: Kantor Pusat DJBC, Kantor Wilayah DJBC, Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC), Kantor Bantu Pelayanan Bea dan Cukai, Pos Pengawasan Bea dan Cukai, Pangkalan Sarana Operasi Bea dan Cukai (Pangsarops BC), Balai Pengujian dan Identifikasi Barang (BPIB)
5.    Kebendaharaan Negara: Kantor Pusat DJPBN, Kantor Wilayah DJPBN, Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN), Ditjen Anggaran (DJA), Ditjen Perimbangan Keuangan (DJPK), Pengelolaan Utang (DJPU)
6.    Pengurusan Piutang dan Lelang Negara: Kantor Pusat DJKN, Kantor Wilayah DJKN, Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL)

AKSES
Alamat:
1.    Kampus PKN-STAN Jakarta, Jl. Bintaro Utama Sektor V, Bintaro Jaya, Tangerang.
2.    Pusdiklat Bea dan Cukai, Jl. Bojana Tirta III, Rawamangun, Jakarta Timur.
3.    Balai Diklat Keuangan Medan, Jl. Ekawarni, Medan.
4.    Balai Diklat Keuangan Palembang, Jl. Sukabangun II, Sukarami, Palembang.
5.    Balai Diklat Keuangan Yogyakarta, Jl. Raya Solo Km.11, Purwomartani, Kalasan, Sleman.
6.    Balai Diklat Keuangan Malang, Jl. A. Yani Utara No.200, Malang.
7.    Balai Diklat Keuangan Denpasar, Jl. Kusumah Atmaja No.19, Denpasar.
8.    Balai Diklat Keuangan Balikpapan, Jl M.T. Haryono Dalam Nomor 39A RT 84 Balikpapan.
9.    Balai Diklat Keuangan Makasar, Jl. A. Yani No.1, Makassar.
10.    Balai Diklat Keuangan Cimahi, Jl. Gado Bangkong No.111, Cimahi.
11.    Balai Diklat Keuangan Manado, Jl. Bethesda No.18 Manado.

Laman resmi: www.stan.ac.id

Demikian sekelumit tentang Politaknik Keuangan Negara Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (PKN-STAN), salah satu perguruan tinggi kedinasan yang ada di Indonesia. Informasi lebih lanjut mengenai perkuliahan dan pendaftaran, bisa rujuk langsung ke laman resminya. [Madaaris]

*Sumber ulasan: Wikipedia dan www.stan.ac.id

0 comments :

© 2011-2014 Informasi Pendidikan Kita. Designed by Bloggertheme9. Powered by Blogger.