Monday, 9 November 2015

Berbagai Macam Beasiswa Buat Kamu

Zia Ul Haq     20:26    

Bagi kamu yang ingin melanjutkan sekolah namun terkendala masalah biaya, maka beasiswalah salah satu solusinya. Baik beasiswa untuk melanjutkan sekolah di dalam negeri maupun mancanegara. Ada banyak jenis beasiswa yang bisa kamu dapatkan. Namun sebelumnya, kamu harus pahami dulu jenis-jenis beasiswa yang akan kamu ambil.
Berbagai Macam Beasiswa. (foto: coolmompicks.com)

Dari sisi pendanaan, beasiswa terbagi dua. Yakni;

Beasiswa Sebagian atau ‘Partial Scholarship’; adalah beasiswa yang menawarkan tanggungan biaya tertentu selama masa pendidikan. Contohnya, pemberi beasiswa tidak menanggung biaya hidup selama di negara tujuan, hanya menanggung biaya kuliah, tiket pesawat, dan uang saku sekedarnya. Beasiswa semacam ini banyak ditawarkan oleh universitas dalam ‘Short Course’ atau program pendidikan singkat. Dalam model beasiswa ini, ada kesepakatan aturan yang musti kamu pahami, termasuk –mungkin- ada izin tentang keikutsertaan dalam beasiswa lain untuk menanggung biaya hidup selama studi. Contohnya adalah beasiswa yang ditawarkan oleh; Orange Tulip Scholarship (kerjasama Indonesia-Belanda) yang menawarkan potongan biaya kuliah.

Beasiswa Penuh atau ‘Full Scholarsip’; merupakan beasiswa yang menanggung dana bagi semua aspek studi, mulai dari akomodasi, tiket, ongkos riset, buku, asuransi, biaya sehari-hari (uang saku), dan tentu saja tagihan kuliah. Contohnya adalah beasiswa yang ditawarkan oleh Beasiswa Chevening (dari Inggris untuk negara-negara selain Amerika dan Uni Eropa), yakni berupa biaya kuliah, tiket, riset, tunjangan, uang saku perbulan dari Sembilan ratus hingga seribu poundsterling.

Dari sisi penyedia program, beasiswa terbagi menjadi beberapa jenis;

Beasiswa Pemerintah; yaitu program penawaran beasiswa dari lembaga atau departemen pemerintah. Baik untuk jenjang S1, S2, entah di dalam negeri maupun luar negeri. Di antaranya adalah Beasiswa Bidik Misi (untuk siswa kurang mampu dengan jatah sekitar tiga setengah juta rupiah per semester), Beasiswa Unggulan (untuk para peraih medali olimpiade), Beasiswa ILA (Indonesian Leadership Award, dari Kementerian Agama untuk alumni Madrasah Aliyah), dan sebagainya.

Beasiswa Swasta; adalah program beasiswa yang ditawarkan pihak swasta, terutama perusahaan-perusahaan besar. Lini pertanggungjawaban sosial perusahaan atau ‘Coorporate Social Responsibility’ (CSR) banyak mengarahkan alokasi dananya ke ranah pendidikan, yakni berupa beasiswa. Misalnya, program beasiswa yang ditawarkan BII-Maybank, Tanoto Foundation, Djarum Foundation, Sampoerna Foundation, Toyota Astra, Panasonic, dan banyak lagi.

Beasiswa Luar Negeri; merupakan program beasiswa yang ditawarkan pihak luar negeri, dari pemerintah negara-negara maju melalui universitas-universitas terkemuka mereka. Misalnya, beasiswa Fullbright (dari Amerika untuk 155 negara mitra), Erasmus (dari 27 negara Eropa), DAAD (dari Jerman dengan 70.000 lowongan beasiswa), Monbukagakusho (dari Jepang dengan 92.000 alumni di 160 negara), Endeavour (dari Australia), dan banyak lagi.

Beasiswa Yayasan, Komunitas, atau Organisasi; ialah program beasiswa yang ditawarkan oleh yayasan atau organisasi tertentu dan biasanya dalam bidang-bidang studi tertentu. Misalnya, beasiswa yang ditawarkan oleh Habibie Center (dua kali setahun untuk doctoral), Yayasan Goodwill (untuk seratus orang), Yayasan Supersemar, Dompet Du’afa, dan sebagainya.

Nah, itu dia macam-macam beasiswa yang perlu kamu tahu. Dan jangan lupa untuk betul-betul memahami system yang diberlakukan dalam beasiswa yang mau kamu ambil. Sehingga hak dan kewajiban pemberi beasiswa maupun kamu sebagai penerima beasiswa bisa tertuntaskan dengan baik. Selamat mencoba! [Madaaris]

0 comments :

© 2011-2014 Informasi Pendidikan Kita. Designed by Bloggertheme9. Powered by Blogger.