Wednesday, 4 November 2015

5 Tips Menulis Novel ala J.K. Rowling

Zia Ul Haq     17:11    

Siapa sih penggemar Harry Potter yang tak kenal J.K. Rowling? Ya, nama ini begitu tenar di jagat kepenulisan dunia saat ini, seorang milyader yang tidak hanya menginspirasi jutaan orang tetapi juga menghasilkan milyaran dolar dari karangannya.

Lalu bagaimana sih seorang Joanne Kathleen Rowling yang dahulu adalah guru sekolah yang tak dikenal kini bisa menjadi seorang penulis superstar? Apa resepnya dalam menulis sehingga bisa begitu sukses? Ini dia lima tips menulis dari J.K. Rowling, salah satu penulis tersukses di dunia saat ini.
Jean Kathleen Rowling, penulis 7 seri novel Harry Potter. (foto: nownovel.com)
1. Menulislah Kapanpun Kamu Sempat
Salah satu quote terkenal J.K. Rowling adalah; “Kadang kau harus langsung menorehkan tulisanmu di waktu dan tempat yang tepat.” Mungkin sering kita membayangkan betapa enak dan lancarnya seorang penulis menarikan penanya, seharian penuh, menyusun kaliat-kalimat indah, paragraf demi paragraf. Namun pernahkah kita bertanya; kapan dan dimana mereka mulai menuliskan naskahnya itu? Setiap tulisan pasti ada permulaannya. Dan untuk memulai menulis ini bukan hal yang sederhana. Kadang kita punya ide, tapi tak sempat. Kadang waktu luang, tapi penat. Maka ketika ada kesempatan, ide membuncah, dan mood menulis tinggi, langsung tulislah dan jangan tunda. Biarkan ide-idemu itu tertuang lancar.
 
2. Perencanaan itu Penting!
Daripada pusing memikirkan apa yang musti ditulis di baris dan paragraf pertama, J.K. Rowling menganjurkan agar kita menyempatkan waktu untuk menggambarkan rencana besar tentang dunia semacam apa yang akan disuguhkan dalam buku kita. Perlu kamu tahu bahwa J.K. Rowling menghabiskan lima tahun untuk membuat dan mengembangkan setiap detil dunia ajaib dalam kisah Harry Potter. Yakni tentang bagaimana para penyihir dan Muggle berinteraksi, bagaimana pendidikan di Hogwarts, bagaimana sihir bisa digunakan dalam kegiatan sehari-hari, sampai bagaimana kementerian sihir bekerja. Dia terlebih dahulu sudah membuat plot seluruh kejadian utama yang tertuang dalam tujuh buku Harry Potter bahkan sebelum buku pertama ditulis.
 
3. Tulis Kembali Sampai Terasa ‘Pas’
Mungkin kamu kira, setelah lima tahun J.K. Rowling membuat plot, kemudian dia begitu saja dengan lancar menuliskan jilid pertama Harry Potter. Oh, ternyata tak semulus itu. Berkali-kali ia harus menuliskan kembali (rewrite) bab awal dari buku pertamanya, Harry Potter and the Philosopher’s Stone, bahkan hingga 15 kali rewrite sampai terasa sudah ‘pas’.
 
4. Rahasiakan Alur dan Tempo Cerita
Meskipun misalnya kamu sudah membuat plot dari tujuh buku yang akan kau tulis secara berseri, jangan dibuka semua. Ketika J.K. Rowling menyelesaikan buku Harry Potter pertamanya, ia menyadari bahwa di dalam buku itu dia telah membocorkan seluruh plot yang akan ditulisnya dalam tujuh buku. Maka ia pun menulis ulang novel pertamanya dan menghilangkan banyak titik plot yang penting dari situ. Ya begitulah, meskipun kamu sudah jelas tahu seluruh plot yang akan kamu tulis, para pembacamu jangan sampai tahu. Mereka pun butuh sensasi ketertarikan dan rasa penasaran terhadap alur cerita yang kamu suguhkan. Jadi, jaga tempo tarian penamu!

5. Tuliskanlah Berdasarkan Minatmu
“Apa yang kau tulis, menjadi siapa dirimu. Maka yakinkan bahwa kau mencintai apa yang kau tulis!” begitu nasehat J.K. Rowling. Salah satu alas an mengapa buku-buku Harry Potter begitu berpengaruh ialah sebab penulisnya begitu mencintai dunia yang ia karang, sampai ke deil karakter dan tokoh-tokohnya. Kalau kamu hanya setengah hati dalam karya tulismu, maka tak ada sesuatu pun yang bisa ditawarkan dari karyamu itu. Maka yakinkan dirimu sendiri bahwa kamu beul-betul tertarik, berminat, gemar, terhadap apa yang kamu tulis, sehingga kamu akan bisa ‘menyeret’ pembaca masuk bersamamu ke dalam dunia yang kau ‘buat’ itu. Persis seperti yang sudah dilakukan J.K. Rowling dan Harry Potter-nya pada dunia.

Itu dia lima tips ampuh menulis novel ala novelis dunia, J.K. Rowling. Bagi kamu yang hobi nulis cerpen, atau ingin menulis novel dengan daya dobrak seperti dia, ada bagusnya mulai mempraktekkan saran-saran di atas. Semoga berhasil ya! [Madaaris]
 

*Sumber: www.nownovel.com

0 comments :

© 2011-2014 Informasi Pendidikan Kita. Designed by Bloggertheme9. Powered by Blogger.