Wednesday, 28 October 2015

Diludahi, Anak ini Justru Mengirim Surat Pertemanan

Zia Ul Haq     00:01    

MADAARIS – Nicolas Neeslay, siswa kelas 3 SD Jennings Elementary School di Quincy, Michigan, berusia 8 tahun, melihat seorang kawannya dibully dan didorong-dorong oleh anak kelas 5 di taman. Ketika Nicolas melerai, ia justru diludahi oleh si pengganggu.
Nicolas Neesley dan suratnya (foto: Jennifer Coe-Harris)
Atas perlakuan itu, Nicolas tidak marah. Ia kemudian menulis surat yang ditujukan ke sekolahnya, berisi langkah alternatif yang lebih baik daripada membully orang. Ia menulis,

“Kamu tidak perlu mengganggu orang. Kalau memang kamu tak punya teman, maka carilah teman – sangat sederhana. Tapi bukankah kamu sudah punya teman – yaitu kami. Kami akan membantumu, kami akan bersikap menghargai, bertanggung jawab, dan peduli kepadamu.”

Pesan Nicolas ini dibacakan melalui pengeras suara oleh kepala sekolah Ron Olmsted dan terdengar di seantero sekolah. Ia berharap, melalui suratnya ini, pesannya bisa tersampaikan kepada si pengganggu di kelas 5, ia ingin menyentuh hati si pembully itu.

Menurut kabar dari kantor berita ABC, awalnya Nicolas merasa geram atas kejadian yang menimpa kawannya itu. Ia berkata kepada orang tuanya, bahwa ia merasa heran mengapa si pengganggu itu tidak mau berteman dengannya. Maka orang tuanya menyarankan agar Nicolas menawarkan pertemanan dengan anak itu. Kemudian pada 5 Oktober kemarin, saat Hari Anti Pembullyan di sekolahnya, ia menuliskan surat itu.
Selain menawarkan pertemanan, ia juga menjanjikan akan berlaku sopan, menghormati, bertanggung jawab, dan peduli kepada si pengganggu itu. Nicolas mengakhiri suratnya dengan kalimat; ‘Hentikan Bullying’.

“Aku kira kita harus menghentikan perilaku bullying, soalnya itu terjadi setidaknya pada lima anak setiap minggu,” tutur Nicolas, “Tiap kali kulihat ada anak dibully, aku melerainya.”

Meskipun pesannya ini ditujukan kepada si pembully di kelas 5, Nicolas tak yakin jika anak itu menyadari bahwa dialah yang dimaksud. Namun, Nicolas mengaku akan tetap melanjutkan upayanya mengajak kepada kebaikan, dan selalu mendoakan si pengganggu itu di malam hari. [Zi]

*Sumber: www.huffingonpost.com

0 comments :

© 2011-2014 Informasi Pendidikan Kita. Designed by Bloggertheme9. Powered by Blogger.