Wednesday, 28 October 2015

1 Miliar Dolar dari Microsoft untuk Pendidikan Digital di Meksiko

Zia Ul Haq     01:10    

MADAARIS – CEO Microsoft, Satya Nadella, bertemu dengan presiden Meksiko, Enrique Pena Nieto. Setelah pertemuan itu, Nadella mengumumkan bahwa Microsoft akan menginvestasikan 1 milyar dolar untuk pendidikan digital di negara itu.
Nieto dan Nadella dalam kesepakatan kerjasama (foto: milenio.com)
Investasi atau modal yang digelontorkan dalam 3 tahun ke depan ini akan dialokasikan untuk berbagai hal dalam pengembangan teknologi informasi. Di antaranya adalah menyediakan infrastruktur yang dibutuhkan untuk menciptakan generasi baru dalam bidang desain software, ilmuwan IT, serta memperkuat basis kerja IT di Meksiko. Seperti dinyatakan pihak Microsoft berikut,

“Dalam pertemuan itu, mereka membahas pengembangan dan penguatan Microsoft di Meksiko selama dua decade, serta tentang masa depan telekomunikasi.”

Satya Nadella menyatakan dukungan dan kepercayaannya atas reformasi teknik dan ekonomi yang diajukan pemerintahan Meksiko. Presiden Nieto menghaturkan terima kasih kepada Microsoft atas kontribusinya dalam pengembangan pendidikan digital di negaranya.

Setelah pertemuan itu, Nadella dan Nieto menemui para pemenang penerima beasiswa Microsoft dari Mexican Youth Institute. Di antaranya ada Alejandro Cantu, entrepreneur muda yang membangun SkyAlert, sebuah perusahaan pendeteksi gempa bumi yang akan melebarkan sayapnya ke pasar Amerika melalui bantuan Microsoft. Dalam hal ini, Microsoft menawarkan naungan dan perlindungan kepada SkyAlert, satu perusahaan lokal yang bermula dari empat pegawai dan kini, empat tahun kemudian, berkembang menjadi 45 staf.

“Orang-orang Meksiko kini bisa tahu seberapa besar dan kuatnya gempa bersamaan dengan berbunyinya alarm peringatan,” tuur Alejandro Canu, “Microsoft menyediakan platform teknologi yang kami gunakan untuk menjangkau jutaan orang di Meksiko, serta member kami perlindungan. Tentu hal ini idak hanya membantu kami dalam pengembangan bisnis, tapi juga dalam mendorong para entrepreneur.”

Dengan arahan dan dukungan Microsof, kini SkyAlert berkembang ke negara-negara lain. Di Amerika, perusahaan ini mendarat pertama kali di California. Kisah sukses SkyAlert ini menjadi bukti bahwa orang Meksiko bisa berhasil dalam industry teknologi. Pengarahan, investasi, dan pelatihan merupakan hal yang dibutuhkan untuk menumbuhkan ide-ide baru yang segar dan berguna bagi masyarakat.

Meskipun beraroma politis, namun menurut Larry Darrell dari BidnessAsset menyatakan bahwa kerja sama ini akan sangat bermanfaat bagi Meksiko secara luas. Katanya, “Hal ini bisa mengimbangi dominasi orang Asia dalam industri teknologi, serta mendongkrak nama-nama orang Latin di dalam bidang ini.”

Selama ini, Nieto telah menghadapi berbagai kritik terhadap penanganannya tentang reformasi pendidikan di Meksiko. Berbagai protes massif terjadi di berbagai wilayah Meksiko yang diikuti para guru, staf sekolah, hingga masyarakat umum. Kebijakan Nieto fokus kepada pengentasan rendahnya kualitas tenaga pengajar dengan menyelenggarakan berbagai uji kompetensi, juga bertujuan untuk memberantas korupsi dan nepotisme. [Zi]

*Sumber: www.educationnews.org

1 comment :

© 2011-2014 Informasi Pendidikan Kita. Designed by Bloggertheme9. Powered by Blogger.